Kamis, 16 Juni 2011

TERIMAKASIH TEMAN TEMAN SMP KU !!

(mohon maaf sebelumnya, artikel ini bukan dimaksudkan untuk menyindir siapapun atau apa, melainkan hanya sekedar ingin berbagi dan memberikan motivasi.. :D )

aku mempunyai sebuah pengalaman hidup yang sepertinya akan susah kulupakan karena sangat memberi hikmah yang luar biasa dalam hidupku
pada dasarnya aku adalah anak pemberani yang tak takut akan tantangan, namun semua itu dapat berubah saat aku mendapat tekanan luar biasa dari sekelilingku, tekanan negatif tentunya..
waktu smp dulu, aku bisa dibilang anak "spesial", ya spesial dalam arti mengenaskan..
aku adalah anak yang paling sering dijauhi, dijalili, dimaki maki (woh bahasane), atau bahasa jawanya "disio sio", bahkan terkadang juga difitnah oleh teman teman cowok di kelasku tanpa ada alasan yang jelas dan spesifik...
pada awal masuk aku pikir ini adalah awalan yang baik dengan mempunyai teman teman yang pinter pinter, karena smp ku termasuk favorit di kota ku tercinta ini, namun itu semua berubah drastis seiring berjalannya waktu..
rasa was was saat memasuki kelas di pagi hari karena takut "digajul" temenku di depan kelas,
rasa takut tidak diberi kesempatan duduk di kursi manapun,
rasa cemas jika tasku di sembunyikan di sudut sudut sekolah,
rasa lelah akan hinaan hinaan teman teman ku yang pada awalnya ku anggap laknat itu,
rasa sedih saat aku tidak boleh ikut gabung dalam kelompk belajar mereka,
rasa minder saat ingin ikut teman teman ku bersenda gurau di kantin,
rasa kecewa akan semua sikap mereka kepadaku,
rasa malas saat mereka selalu membuat joke akan diriku setelah mengerjaiku, tanpa ada sosok penyemangat dan pembela, itu sudah menjadi makanan ku sehari hari, karena aku juga tidak pernah menceritakan semua itu pada ortuku.
mungkin bagi sebagian orang akan berpikir "ah, ni anak lebay banget, dikerjain gitu aja ya ikut ketawa aja donk, gausah dipikir panjang"
namun perlu diketahui, pada awalnya aku juga berbuat demikian, namun semua yang awalnya aku anggap gurauan adalah benar benar tekanan yang diniatkan oleh mereka..

APA SEBENARNYA SALAHKU???!!

apakah karena tampang culunku?
atau karena apa?
aku selalu memberikan mind set dalam otakku sendiri bahwa "ini semua hanyalah gurauan yang tidak begitu penting" dan aku selalu ikut tertawa dan tersenyum waktu mereka melancarkan aksinya,
namun tetap saja, itu adalah tekanan bagiku.
dan seiring berjalannya waktu, aku menjadi terbiasa dengan hal semacam itu, aku mulai bisa maklum dan menerima, namun ada satu hal yang masih membuatku berpikir, dapatkah aku belajar dengan tenang dengan kondisi ini?
aku mulai mencemaskan hal ini, karena ortuku sangat berharap aku dapat melanjutkan sekolahku di SMA favorit juga, sedangkan ranking ku di kelasku sampai kelas 2 SMP pun bahkan tidak mencapai 25 besar.
aku benar benar takut akan hal ini, aku selalu berdoa dan meminta kemudahan kepada Allah SWT, lalu aku berusaha untuk mengabaikan semua yang terjadi kepadaku, mulai fokus belajar dan menutup mata dan telingaku akan "bulliying" dari teman temanku.
"2 tahun aku meladeni mereka, saatnya tahun tekakhir ini untuk meladeni masa depanku" pikirku saat itu. aku pun belajar keras, les tiga kali sehari masih ditambah belajar sendiri dirumah waktu malam hari, orang bilang ini cukup gila, ya, gila memang, tapi aku sadar, kegilaan ini sangat diperlukan oleh orang sepertiku. dan aku menganggapnya usahaku masih biasa saja.

terus dan terus, tekanan bak hujan rintik yang kecil namun datang berjatuhan,
TETAPI, HEY, aku justru bisa fokus karena itu, "bullying bullying" dari mereka bak lautan motivasi agar aku lebih rajin lagi, lagi, dan lagi.
dalam setiap tingkah laku mereka seakan terbesit pesan bahwa "aku di pesan oleh Alloh agar memberi tekanan padamu supaya kau menjadi orang yang lebih tangguh"
subhanallah, indah sekali saat sedang berada di posisiku saat itu, sungguh, Alloh itu luar biasa, padahal aku baru menjalankan ibadah lima waktuku kelas 3 smp itu (jangan dicontoh).
alhasil, aku selalu mendapatkan peringkat atas di setiap try outku, kepercayaan diriku mulai berkembang, dan akhirnya, pada saat penentuan, aku mendapatkan nem yang
memuaskan, yang alhamdulillah cukup lah buat masuk ke SMA favorit itu..
namun sepertinya Alloh masih ingin memberiku bonus akan semua kesulitan yang pernah aku hadapi dulu, aku mendapat nilai tambahan dari salah satu kejuaraan tingkat internasionalku, aku mendapatkan tambahan nilai 1,9. jadi yang dari awalnya 37,15 + 1,9 = 39,05..
aku bahagia sekali karena itu, aku sangat bersyukur padamu, ya Allah..
dan alhamdulillah, saat nem ku di ranking di sekolah itu, aku mendapatkan peringkat 4 dari 200 an siswa, sangat fantastis menurutku
namun selain itu yang kuingat, tak ada ucapan selamat dari beberapa temanku yang dulu sangat membullying ku, tapi tak apalah, walaupun aku sedikit mengharapkannya, bagaimanapun, aku tak pernah membenci mereka..
tapi yang jelas, aku benar benar berterimakasih pada teman teman ku ini, tiga tahun itu ternyata benar benar memberiku motivasi, walaupun dengan cara yang tidak biasa..

"apa yang engkau rasa sebagai tekanan kehidupan sebenarnya bukan semata mata cobaan yang dapat membuatmu jatuh dan tersungkur, namun juga tekanan yang dapat membuatmu meloncat bagaikan pegas, semua ini tergantung bagaimana kita memaknai dan menyikapinya.. "


sekali lagi, terimakasih teman teman SMP ku.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar